Entri Populer

Rabu, 06 Oktober 2010

Makan-makan Yoookk…

Aku termasuk orang yang gampang dalam soal makanan. Aku gak suka pilih-pilih makanan. Semua bisa kumakan asal masih sesuai dengan batas kelaziman dalam otakku dan aku pun berselera makannya. Kusebut ‘batas kelaziman otakku’ karena ada makanan yang menurut orang gak pantas dimakan, tapi menurutku itu sah-sah aja. Contohnya, daging ular. Aku sering memakannya karena menurutku itu makanan yang biasa aja.
Berselera, maksudnya aku punya hasrat untuk menggauli makanan itu. Contohnya lagi, walaupun ikan nila sambal atau gembung bakar terkenal enak, tapi aku gak berselera atau lebih tepatnya gak suka ama makanan ini. Jadi kalo disuruh pilih, mau makan nasi pake nila sambal atau pake gembung bakar, maka aku lebih milih makan pake krupuk aja…
Satu lagi yang bikin aku suka makan seadanya, tidak lain dan tidak bukan karena aku malas nyari makanan. Asal tempatnya dekat, walau kurang enak, aku pasti beli makan disitu. Soalnya aku tipe orang yang gemar ‘ngeram’ di rumah. Aku malas kalo harus berpanas-panas ria di luar.
Nah, karena kebiasaan makan pake ‘benda’ yang disukai aja dan malas jalan ke luar (selain karena faktor keuangan yang memang minim), aku sudah dapat dipastikan kekurangan vitamin, mineral, zat besi dan folat acid (apa pula ini?). bahkan kadang kalo gak ada makanan yang mampu merangsang nafsuku dan aku belum selesai mengerami telur-telurku, aku gak akan makan seharian…
Tadi sore, bukan sekedar iseng-iseng, aku baca-baca internet. Ternyata orang dengan pola makan tidak teratur itu cenderung kekurangan zat-zat seperti yang kusebut di paragraf atas. Dan hal ini akan mengganggu metabolisme. Pikirku, “Akh, gampang! Tinggal beli suplemen, semua nutrisi bisa terpenuhi.” Tapi hidup gak sesimpel itu. Ternyata kebanyakan makan Vitamin A malah bisa menyebabkan keracunan!! Waduh…
Truz katanya, orang yang jarang terkena paparan sinar matahari juga cenderung kekurangan vitamin E. Alamak… Ngeri akh!! Berarti aku merupakan sasaran empuk bagi vitamin-vitamin yang ingin melarikan diri, mengingat aku ini makan gak punya pola dan gak suka menambah pigmen kulit lewat sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sangat diterima...
gak dikomentari juga gapapa,..