Entri Populer

Rabu, 06 Oktober 2010

Redenominasi Uang

Subuh tadi, ketika insomnia menyerang dan kantuk tak kunjung datang, iseng-iseng aku buka-buka chanel tipi yang isinya berita melulu. Aku lupa nama stasiun tipinya. Acara yang ditayangkan adalah debat mengenai Redenominasi Uang. Hal pertama yang muncul di otakku adalah, orang-orang ini pasti uda gak waras. Masa jam dua subuh masi berdebat. Kapan tidurnya?? Tapi, yah mungkin saja mereka-mereka itu terserang insomnia juga kayak aku. Jadi daripada gak ada kerjaan mereka memilih untuk berdebat.
Nah, yang dibahas dalam debat itu adalah pengubahan nilai nominal rupiah. Misalnya, uang seribu rupiah diganti menjadi satu rupiah. Sepuluh ribu rupiah jadi sepuluh rupiah, begitu seterusnya. Singkatnya, pengubahan nilai nominal uang dilakukan dengan membuang tiga angka nol yang terletak di posisi paling belakang dalam selembar uang. Kusebutkan selembar, karena uang yang punya nol lebih dari tiga biji hanya terdapat dalam bentuk lembaran kertas.
Walaupun nominal uangnya udah berubah, tapi daya beli uang itu masih sama. Misalnya lagi, untuk beli bola lampu diperlukan uang sepuluh ribu rupiah, namun dengan uang senilai sepuluh rupiah yang udah diubah tadi, kita juga bisa beli bola lampu itu. Simpel kan??
Katanya hal ini bisa terjadi karena saat ini status ekonomi Indonesia lagi stabil dan angka inflasi bisa dikendalikan. Mungkin tingginya harga cabe dan bawang serta naiknya tarif dasar listrik merupakan ciri-ciri stabilnya perekonomian menurut para petinggi-petinggi di sana.
Tapi yang namanya dunia, gak akan lepas dari pro dan kontra. Banyak orang yang gak setuju dengan rencana ini. Baru rencana aja, tapi uda kontroversial. Gimana kalo udah terealisasi? Padahal penyelenggaran redenominasi ini masi lama, tahun 2016 kalo gak salah.
Kalo aku sih senang-senang aja ama rencana penerintah ini. Soalnya mempersimpel bilangan uang. Selain itu, kan keren kalo mata uang jadi satu rupiah, dua rupiah, dst. Jadi kayak di Amrik, kalo beli pecal $1. nah, disini juga kayak gitu… Beli goreng Rp1 aja. kereeeennn!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sangat diterima...
gak dikomentari juga gapapa,..