Entri Populer

Rabu, 06 Oktober 2010

Tibet Oh Tibet…

Ada apa dengan Tibet? Gak ada apa-apa… dan justru ketidakadaan itu yang buat unik. Emang udah pernah ke Tibet? Belum... tapi bukannya aku sok tau, tapi memang betul-betul tau. Tau darimana? Nah, aku tadi liad acara di stasiun tipi NHK Japan. Tomohiro’s Railway To China nama acaranya. Ceritanya tentang aktor jepang yang namanya Tomohiro pigi berpesiar keliling cina. Gak jelas dia ini jadi backpacker ato gak, soalnya aku gak nonton dari episode awal. Tapi dari bawaannya yang cuma sebuah ransel itu (kayak Dora), menunjukkan kalo dia itu lagi backpacking.

Di episode kali ini dia pigi ke Tibet. Uda tau kan, kalo tibet itu atap dunia. So, lokasinya otomatis berada sanga jauh dari permukaan laut. Kalo gak salah ingat, empat ribu sekian kilometer dari permukaan laut gitu lah. Nah, disana ada stasiun kereta tertinggi di dunia yang tidak ditinggali oleh satu orang pun. Soalnya susah tinggal di tempat setinggi itu, gak ada akses kemana-mana.





Truz ada juga danau yang airnya biruuuuu dan jernih. Apa istimewanya? Danau itu terletak di atas gunung. Keren lah pokoknya. Tapi keadaan lingkungan disana kayaknya gersang. Pepohonan adalah pemandangan yang jarang dijumpai.

Hal unik lainnya, pas si Tomohiro itu masuk ke hotel. Di hotel sang resepsionis nanya-nanya apa itu kunjungan pertamanya ke Tibet. Si Tomohiro bilang iya. Trus sang resepsionis langsung ngasi sekaleng oksigen ama bantal yang isinya oksigen juga. Untuk apa? Ternyata, karena Tibet itu letaknya tinggi di atas sana, jadi kadar oksigen di udara amat sedikit. Bagi orang yang belum terbiasa ama udara situ, bisa kesulitan bernafas. Makanya pihak hotel memasukkan oksigen dalam daftar layanan kamar. Daripada pagi-pagi pas beresin kamar si tamu udah mati…itu aja, walau udah punya bekal oksigen kalengan, si Tomohiro masih ngerasa sakit kepala berat. Mungkin karena kadar oksigen dalam darah ato otaknya menipis ya…
Oksigen ini gak hanya disediakan di hotel. Tapi di kereta api yang dipake ama Tomohiro juga ada fasilitas ‘hisap oksigen’ gratis. Betul-betul keren!!! Trus satu lagi, kereta apinya bersih dan nyaman. Gak tau apa karena itu gerbong kelas dua, tapi dibanding ama kereta api yang pernah kunaiki pas mau ke Kisaran dulu, bagaikan lontong ama teh manis. Jauuhhhh berbeda!!

Karena nonton tayangan itu, hasrat berpetualangku jadi muncul lagi. Aku pengen jadi backpacker secepatnya. Gak sabar nunggu taun depan. Pincuk, Bunmar, prepare your stuff, Gals!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar sangat diterima...
gak dikomentari juga gapapa,..